Mengatasi Pendarahan

dr. Antonius A. Santoso

Perdarahan adalah suatu kejadian dimana terdapatnya saluran pembuluh darah yang putus atau pecah (arteri,vena ataupu kapiler) akibat suatu trauma,dapat terjadi pada pembuluh darah bagian luar maupun bagian dalam. Untuk membedakan pembuluh vena maupun arteri melihat warna maupun sifat perdarahannya seperti untuk penbuluh darah vena biasanya warnanya lebih gelap dibandingkan arteri sedang untuk sifat perdarahannya pembuluh darah vena bila terjadi perdarahan akan menetes atau menitik sedangkan untuk pembuluh darah arteri bila terjadi perdarahan akan menyembur.

Apakah perdarahan itu membahayakan?

Ya, semua perdarahan membahayakan, sebab jika terlalu banyak perdarahan tubuh akan mengalami kekurangan volume darah dan apabila volume darah berkurang maka oksigenpun akan berkurang di dalam tubuh sehingga jarimgan otak akan terganggu dan akan mengalami keadaan shok dan akhirnya menyebabkan kematian.

Apa yang harus dilakukan apabila terjadi perdarahan?

Pertama-tama angkat daerah luka,kemudian tekan dengan telapak tangan dengan menggunakan perban, kain ataupun pembalut dan jangan dengan benda -benda lain seperti kopi, daun-daunan yang dapat menyebabkan luka jadi kotor dan mudah terinfeksi. Jika luka luas dan besar tekan sumber perdarahannya/ luka tersebut dengan dengan hati-hati sambil memantau apakah perdarah tersebut sudah berhenti atau belum.

Kedua angkat luka perdarahan agar lebih tinggi dari jantung untuk memudahkan sebaiknya perderita dibaringkan sehigga luka perdarahan dapat lebih tinggi dari jantung misalkan ada perdarahan di kaki penderita dapat mengakat kaki lebih tinggi dari jantung tujuannya agar memperlambat mengalirnya darah kebagian luka.

Ketiga tutup luka dengan kain pembalut dan ikat, jika tidak tersedia pembalut gunakan kain yang bersih dan jangan yang berbulu, bawa segera penderita kerumahsakit sambil diperhatikan ada tidak tanda-tanda shok seperti: penderita tampak pucat, keringat banyak dan kulit terasa dingin, nafas cepat, gelisah dan mengantuk, rasa haus.

 

Advertisement

Online Chat

comes_onweb

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Your IP: 54.226.172.30

Contact

CORRESPONDENCE
Alamanda Tower lt 17 AB,
Thamrin Residences,
Jl. Thamrin Boulevard
Jakarta 10340

CALL :
TEL / FAX:  (021)7522698

CONTACT :
Email : ahoesodo@gmail.com
YM : ahoesodo@yahoo.com

Maaf, tidak melayani konsultasi hukum online