Hidup Harmoni dengan Diabetes

Written By Dr.Adji Hoesodo

Pada jaman dahulu, populasi penderita diabetes didominasi oleh faktor keturunan, misal orang tua yang diabetes dipastikan mempunyai keturunan yang diabetes.  Namun seiring dengan  berkembangnya waktu populasi penderita diabetes terutama yang type 2, mengambil porsi yang jauh lebih banyak dari pada faktor yang dipicu karena faktor keturunan.  Hal ini disebabkan karena pola hidup modern yang menjadi pemicu gejala dari diabetes ini.  Karbohidrat sebagai bahan bakar tubuh sangat diperlukan untuk menjalankan aktifitas tubuh tapi jika berlebihan akan menjadi beban bagi pankreas karena hormon insulin (dalam pankreas) tidak bekerja dengan baik

Penyakit diabetes ini mempunyai komplikasi yang sangat luas sehingga sangat berpotensi menyengsarakan kehidupan para penderita diabetes ini. Ciri-ciri orang yang menderita penyakit diabetes ini adalah gampang haus, cepat lapar, gampang buang air kecil, gampang ngantuk , cepat lelah dan impoten.  Komplikasi diabetes ini antara lain, jantung, ginjal, mata dan  syaraf.  Untuk itu setiap orang perlu mengenali gejala diabetes ini sedini mungkin, agar terhindar dari komplikasi dan diabetes itu sendiri.
Beberapa tips agar hidup harmoni dengan penyakit ini adalah pertama pengendalian karbohidrat.

Karbohidrat ini dinilai sebagai biang keladi dari cepat naiknya kadar gula dalam tubuh. Untuk itu perlu dikenali bahwa karbohidrat terdiri dari karbohidrat kompleks (nasi, mie, terigu, ubi, kentang) dan karbohidrat sederhana (gula pasir, sirop, selai dll).  Karbohidrat kompleks baru diubah menjadi gula setelah melalui proses pencernaan, sedang karbohidrat sederhana langsung masuk ke aliran darah, karena itu yang harus lebih dihindari adalah karbohidrat sederhana. Tips kedua, lakukan pengecekan berkala ke laboratorium dan lakukan  aktifitas olah raga secara teratur agar banyak energi keluar sehingga menguntungkan insulin karena bebannya tidak terlalu besar. Tips ketiga, lakukan diet dan usahakan mencapai berat badan proposional berdasarkan Body Mass Index. Diet makanan ini ditujukan untuk mengurangi konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dan lebih banyak mengkonsumsi protein nabati (protein hewani terbatas), sayuran dan buah-buahan dipilih yang mempunyai kadar gula rendah. Tips keempat, makan obat sesuai petunjuk dokter secara teratur.

Bagi pasutri yang suaminya menderita diabetes, biasanya keperkasaan sang suami akan terganggu yang kemudian bisa berlanjut menjadi ketidakharmonisan keluarga. Maka tidak perlu khawatir, yang penting saling pengertian diantara keduanya, perlu terlebih dahulu penanganan penyebab primer dari penyakit ini. Di atas sudah diberikan tips-tips hidup sehat ala penderita diabetes.  Yang penting kedua belah pihak sadar akan situasi penyakit ini, dan bagi sang suami sementara waktu tidak usah memikirkan “burungnya” bisa tegang atau setengah tegang , lakukan aja dan tidak usah ada beban. Untuk mengurangi foreplay yang melelahkan sang istri bisa dibantu dengan pelumas jadi agar dengan kondisi setengah tegang, keduanya bisa sama-sama menikmati.  Selamat mencoba semoga sukses dan sehat!!

 

Advertisement

Online Chat

comes_onweb

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Your IP: 54.196.74.153

Contact

CORRESPONDENCE
Alamanda Tower lt 17 AB,
Thamrin Residences,
Jl. Thamrin Boulevard
Jakarta 10340

CALL :
TEL / FAX:  (021)7522698

CONTACT :
Email : ahoesodo@gmail.com
YM : ahoesodo@yahoo.com

Maaf, tidak melayani konsultasi hukum online