Menguak Rahasia Kekuatan Pikiran Untuk Hidup Sehat

Written by Dr. Aji Hoesodo

Banyak jalan menuju hidup sehat, itulah pembuka dari artikel ini. Perlu diketahui bahwa hidup sehat adalah dambaan dari semua manusia.Ada beberapa literatur menyebutkan bahwa panjang umur manusia bisa mencapai 120 tahun. Namun kenapa ada orang yang meninggal di usia yang masih muda (terlepas dari takdir) dikarenakan sakit. Inilah salah salah satu faktor yang konon mengurangi umur manusia. Jika manusia sadar bahwa kesehatan bisa dijaga, maka hidup ini akan indah dan penuh berkah. Bisa anda bayangkan betapa hidup ini indah jika anda mendapat keberkahan kesehatan dalam hidup anda.

Kita tidak akan peduli (biasanya) jika kita belum pernah menderita sakit, maka biasanya kita akan mulai sadar jika kita setelah dapat cobaan sakit. Lihat saja orang yang giginya abcess karena lobang, boro-boro makan minum enak. Untuk memulai aktifitas lain saja sudah kerepotan dan tidak ada enak-enaknya. Lebih kesal lagi jika lagi sakit gigi seperti ini kondisi rumah lagi ramai dan berisik sekali, rasanya pengin menumpahkan segala kemarahannya ke siapa saja yang ditemuinya.

Ini hanya satu contoh bagaimana hidup sehat ini merupakan sesuatu yang indah lagi berkah. YA berkah karena bagaimana kita akan menjalani segala keindahan dari Allah swt ini, tanpa beban dari suatu penyakit yang lagi kita deritanya.  Kita juga dapat menjalankan ibadah dengan lebih khusuk karena kita sehat. Satu lagi mengenai sehat, yaitu di mana sehat itu merupakan suatu pilihan hidup. Kenapa hal ini dikatakan demikian? ya karena memang sehat suatu pilihan bagi tiap individu yang menjalaninya.

Jika kita menginginkan sehat, maka ada seperangkat aturan yag perlu ditaati oleh masing-masing individu dalam menggapai kehidupan yang diarahkan kepada hidup sehat. Misalkan anda mengambil suatu pilihan sehat, maka sudah sepatasnya pikiran kita harus dibangun suatu magnet positif untuk menarik tujuan dari sehat itu sendiri.

Lalu bagaimana kita memberdayakan kehidupan kita ini untuk hidup lebih sehat? Ada beberapa metoda yang penulis pakai membuka tabir untuk menuju hidup sehat, yaitu dengan memberdayakan kekuatan pikiran dengan metoda LOA, NLP dan Hypnosis.

Sebelum memasuki masing metoda ini, sebagai introduksi bahwa ketiga metoda tersebut mempunyai benang merah yang sama, tergantung setting outcome (hasil yang mau kita raih). Ketiga metoda ini bekerja di layer unconsious mind (alam bawah sadar), dimana alam bahwa sadar ini, memegang prosentase 88 % an dalam aktifitas kita sehari-hari, selebihnya consious mind (alam sadar 12 %)
Mengingat alam bawah sadar ini memegang peranan yang sangat dominan pada kegiatan manusia, untuk itulah alasan penulis menggunakan ketiga metoda ini. Paling tidak ketiga metoda ini sekarang merupakan metoda yang paling populer dikembangkan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti bisnis, pendidikan, karir, pelatihan, kesehatan dan lain-lain. Penulis melihat masih sangat minimnya artikel yang secara integrated mengupas rahasia pikiran ini ke dalam ranah  kesehatan dengan ketiga metoda ini dikarenakan terbatasnya literatur mengenai ketiga metoda ini khususnya masalah kesehatan.

Manusia dikaruniai akal budi dan pikiran oleh Allah swt dapat dimaksimalkan dan diexplorasi untuk keperluan kesehatan yaitu dengan memberdayakan kekuatan pikiran. LOA atau singkatan dari Law of Attraction, adalah suatu metoda mengenai hukum ketertarikan. Intinya cara berpikir kita yang positif akan mendatangkan efek yang positif juga. Seperti yang kita ketahui bahwa di alam raya ini banyak sekali energi yang tersebar, baik yang positif maupun yang negatif. Sekarang kita tinggal bagaimana mengakses energi positif ini dapat didekatkan ke dalam diri kita dan kita ambil manfaatnya dengan memberdayakan pikiran kita. Inilah keajaiban LOA dalam mencapai tujuan kita yaitu mendekatkan energi positif ini.

NLP yang ditemukan oleh Bandler dan Grinder, di mana dua-duanya bukan ahli psikologi, tapi yang satu ahli komputer dan yang satu ahli bahasa. Terinspirasi oleh kesuksesan ahli psikologi seperti Milton Erickson, Fritz Perls dan Virginia Satir, mereka meneliti perilaku dan kesuksesan ahli psikologi tersebut. Keduanya berkolaborasi dengan menemukan bagaimana cara kerja otak, sehingga dapat mencapai kondisi tertentu untuk digunakan mencapai kesuksesan melalui memasukkan syntax bahasa ke dalam bahasa yang dimengerti pikiran (bawah sadar) agar dicapai outcome tertentu. Jika dibagi bahwa gelombang otak, yaitu beta, alfa, teta dan delta, di mana beta (sadar), alfa & teta (relax) dan delta (tidur), maka NLP (juga Hypnosis) bekerja dalam ranah alfa dan teta ini, yang mama sangat efektif dalam membentuk sikap mental tertentu. Ada beberapa tuntunan teknis bagaimana NLP untuk kesehatan ini tapi terlebih dahulu, pembaca harus memahami konsep inti dari NLP ini.

Dalam artikel ini kita tidak akan membahas metoda ini satu-satu secara detail tapi kita akan mengambil esensi dari ajaran ini untuk kita berdayakan dan kita aplikasikan kedalam kehidupan kita untuk men-setting kehidupan kesehatan kita.

Secara ringkas kita akan membagi beberapa tahap untuk mencapai outcome dari kehidupan kesehatan kita ini :

Pertama
Kenali Hasrat Kita
Untuk menuntun bagian pertama ini, kita harus bertanya pada diri kita sendiri mengenai kesehatan yang bagaimana yang benar-benar kita inginkan. Sesudah itu kita merumuskan apa-apa yang membuat kita senang dan jadikan itu menjadi kebiasaan.Sesudah itu buatlah lembar hasrat dan tulis mana yang benar-benar kita paling tidak sukai dan paling kita sukai, misal

Hal-hal yang paling tdk disukai
batuk rejan                  
pegal- pegal                   
mata kabur            
impoten             
tidak mudah lelah                                                                                                                    dll

Hal-hal yang paling kita sukai
nafas lega
otot terasa relaks
pandangan jelas
sehat secara seksual
badan fit dalam segala medan
dll

Kedua
Memberikan Perhatian Kepada Hasrat Kita
Cara yang paling praktis untuk memberikan perhatian kepada hasrat kita tadi yaitu dengan penegasan yang diungkapkan dalam kata-kata (lisan) yang memberikan efek perasaan yang positif, kemudian kita affirmasi (diulang-ulang). Step kedua ini alangkah baiknya jika kita lakukan dalam kondisi alfa dan teta, dengan teknik seperti self hypnosis, dengan maksud affirmasi ini akan masuk dalam alam bawah sadar, yang mana nantinya akan mempengaruhi perilaku kita dalam mencapai kehidupan kesehatan kita yang lebih baik. Berikut, contoh step kedua ini:
Saya sekarang sedang dalam proses menuju kesehatan yang sempurna...
Saya sekarang sedang dalam proses menuju kesehatan seksual yang sempurna
Saya sekarang sedang dalam proses menuju kesehatan jantung yang prima..
dll

Dalam level ini, percayalah bahwa alam bawah sadar akan merespon dengan merasakan efek positif dari ucapan-ucapan dan pikiran kita

Ketiga
Biarkan Hasrat Kita Menjadi Kenyataan
Pada step atau level ini, cara yang paling ampuh untuk mewujudkan hasrat kita yaitu dengan menghilangkan keraguan.
Untuk itu yakin dan lakukan! Ada dua cara untuk mengetahui apakah level ketiga ini sukses, yaitu pertama jika kita sudah merasa lega dan "Ah, ini jauh lebih baik". Kedua Jika kita sudah melihat bukti-bukti terwujudnya keinginan dan hasrat kita dalam kehidupan kita. Misalkan kita sudah merasakan lebih nikmatnya hubungan seksual kita dengan pasangan, atau mungkin merasakan bahwa jantung sudah tidak takikardia lagi, atau mungkin nafas kita makin lega.

Ketiga langkah tersebut kelihatannya sederhana, dan mungkin para pembaca akan mempertanyakan ke efektifitasan dari metoda ini. Tapi menurut penulis, langkah ini sudah dilakukan terhadap para pasien yang ditangani oleh penulis, dan hasilnya luar biasa sekali.
Selain ketiga langkah tersebut ada beberapa istilah dari NLP yang mungkin bisa ditambahkan untuk memberdayakan pikiran untuk menghasilkan outcome kesehatan yang kita idamkan. Istilah itu yaitu : presupposision, the map is not teritory dan reframing. Untuk itu mari kita liat apa sih makna dari istilah-istilah tersebut?

Presuppossition, artinya dugaan atau anggapan. Jadi definisi singkatnya seperti ini...setiap orang punya realitas internal yang beda antara satu orang dengan orang lainnya, hal ini dikarenakan pengalaman, pendidikan, value , belief dan lain-lainnya. Artinya setiap orang punya definisi dan sumber yang berbeda-beda untuk mencapai suksesnya, termasuk sukses dalam mewujudkan kehidupan kesehatannya. Definisi Sehat seorang bisa berbeda dengan orang lainnya. Artinya presuppossition masing-masing individu bisa berbeda apalagi setiap individu punya logical thinking yang berbeda. Namun presuppossition ini paling tidak akan menuntun setiap individu untuk men-setting realitas internalnya dalam menghasilkan outcome sehat yang indah. Untuk itulah dengan presupposition ini akan punya pilihan tentang bagaimana cara kita merespon dan berperilaku yang terkait dengan "peta " kita. Ingat peta hanya peta kita bukan representasi dari realitas itu sendiri. Semakin kita cerdik dan lihay dalam mendisain peta kita untuk keperluan kita, maka akan semakin mudah outcome (hasil) yang kita dapat.

Reframing, artinya mengubah statement dengan tujuan megubah state atau kondisi yang lebih baik. Kadang dalam dunia medis reframming ini sangat baik jika di kombinasikan dengan efek placebo. Hal ini banyak kita lihat dalam praktek dokter yang selain menguasai psikologis pasien juga banyak memberikan obat yang sebenarnya vitamin biasa tapi berhubung pasien sudah sangat sugesti terhadap dokternya maka vitamin saja bisa menjadi obat yang luar biasa bagi kesembuhan dirinya. Sekarang yang menjadi masalah bisakah contoh kombinasi efek placebo dan reframming kita manfaatkan sebagai tool untuk mendorong pikiran kita menuju kesehatan yang sempurna?

Demikian sekelumit self empowerment yang disajikan dibidang medis, ditulis dengan bahasa yang sangat ringkas dan sederhana, dengan tujuan agar tulisan ini dapat menginspirasi pembaca dalam merancang hidup sehatnya.

 

Advertisement

Online Chat

comes_onweb

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Your IP: 54.226.172.30

Contact

CORRESPONDENCE
Alamanda Tower lt 17 AB,
Thamrin Residences,
Jl. Thamrin Boulevard
Jakarta 10340

CALL :
TEL / FAX:  (021)7522698

CONTACT :
Email : ahoesodo@gmail.com
YM : ahoesodo@yahoo.com

Maaf, tidak melayani konsultasi hukum online