TELAAH ETIOLOGI LIMA ELEMEN ORGAN REPRESENTASI

Written by Dr. Aji Hoesodo   

Dalam buku Huang Di Nei Cing, karya Kaisar Kuning ( Yellow Emperor ), di dalam kodifikasi ilmiahnya memaparkan suatu ilmu kedokteran china kuno yang sarat dengan kaidah sains dan ilmiah. Salah satunya menerangkan mengenai 5 Elemen, yaitu lima unsur atau pengelompokan lima unsur.

Untuk memahami kesehatan Yin Yang ini perlunya kita mengerti siklus dari 5 elemen ini. Ada 2 siklus dari lima elemen ini yang perlu kita ketahui. Siklus pertama adalah siklus produktif dan yang kedua adalah siklus destruktif.

Siklus produktif, merupakan siklus saling menghidupkan atau siklus saling mendukung yaitu kayu-api-tanah-logam-air, kemudian kembali lagi ke awal. Artinya kayu menghidupkan api, api menjadi debu ( tanah ), di dalam tanah ada mineral ( logam ) dan didalam mineral menghasilkan air, dan air menhidupkan kayu.  Siklus destruktif, adalah suatu siklus di mana setiap elemen merusak elemen lain. Penjelasannya sebagai berikut kayu merusak tanah,tapi dirusak logam, api merusak logam, tapi dirusak air. Tanah merusak air tapi dirusak kayu. Logam dirusak api, tapi merusak kayu. Air merusak api tapi dirusak oleh tanah.

Dengan memahami ke dua siklus tadi kita baru akan memahami lima jenis organ berdasarkan representasi 5 elemen alam tersebut dengan mudah. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana setiap elemen organ itu berhubungan dan bagaimana sifat dan dampak dari hubungan tersebut.

Perlu dijelaskan sebelumnya bahwa pengelompokan 5 organ ini masih dibagi menjadi 2 yaitu organ zang (padat) dan fu (berongga). Adapun organ yang termasuk organ padat adalah hati, jantung, limpa,paru-paru dan ginjal. Sedangkan organ berongga adalah kandung empedu, usus kecil, lambung, usus besar dan kandung kemih. Semua itu di dalam kedokteran cina biasa disebut meridian organ.
Namun penggolongan organ menurut elemen adalah sebagai berikut: kayu (hati dan kandung empedu), api (jantung dan usus kecil), tanah (lambung dan limpa), logam (paru-paru dan usus besar), air (ginjal dan kandung kemih).

Akhirnya jika sudah memahami keduapenggolongan tersebut maka pembicaraan kita akan meningkat antar keterhubungan fungsi organ yang lebih luas.

Seperti dalam artikel sebelumnya bahwa dalam ilmu meta medicine disebutkan bahwa ada suatu hubungan yang erat antara satu penyakit tertentu dengan pengalaman trauma psikologis tertentu di masa lalu.

Tulisan ini hanya merupakan analisa dari penulis yang mempelajari kodifikasi sain kedokteran china yang umurnya sudah 5000 tahun yang lalu  hubungannya dengan perkembangan alat diagnosis baru yang disebut meta medicine, di mana ditemukan relevansi ilmiah antara kedua ilmu tersebut.

Pada organ kayu (hati dan kandung empedu), hubungan luar diwakili oleh mata, hubungan dalam urat, kesukaan rasa asam , penyebab luar angin, penyebab dalam rasa jengkeldan dongkol, suara menjerit, cairan adalah air mata. Artinya pada organ kayu ini representasi penyakit kayu ini direpresentasikan atau dapat dianalisa dari keterangan diatas. begitupula untuk organ berikut ini.

Organ Api (jantung dan usus kecil), hubungan luar oleh lidah, hubungan dalam pembuluh darah, kesukaan rasa pahit,penyebab luar panas, penyebab dalam gembira,suara tertawa, cairan keringat.

Organ Tanah (Lambung dan limpa), hubungan luar oleh mulut, hubungan dalam otot, kesukaan rasa manis, penyebab luar lembab, penyebab dalam rindu bercinta,suara menyanyi, cairan air liur.

Organ Logam (paru-paru dan usus besar). hubungan luar hidung, hubungan dalam kulit, kesukaan rasa pedas, penyebab luar kering, penyebab dalam khawatir dan sedih, suara menangis, cairan ingus.

Organ Air (ginjal dan kandung kemih), hubungan luar telinga, hubungan dalam tulang, kesukaan rasa asin, penyebab luar dingin, penyebab dalam takut, suara merintih, cairan kotoran telinga.

Dari pengalaman klinis penulis memang demikian adanya bahwa teori teori tersebut bukan isapan jempol. Itulah sebabnya untuk menghindari skeptisme dalam teori ini kembali berpulang pada praktisi medisnya. Yang penting outcome (hasilnya) adalah ketepatan membidik sebab musabab menyakit dan pemilihan metoda treatmentnya.

Sebagai contoh implementasi dari keterangan diatas misalnya. Jika kita melihat ada seseorang  yang merasa tiba-tiba menyukai makanan yang pahit dan mendadak tanpa sebab merasa gembira yang berlebihan dan mengeluarkan banyak keringat dan warna mukanya merah dan kebetulan udara luar sangat panas maka dapat dikategorikan bahwa organ apinya lagi tergganggu. Bisa kita tambahkan dengan mengecek ujung lidahnya apakah berwarna merah? cek juga hubungan dalamnya yaitu apakah ada gangguan di pembuluh darahnya. Jika kita melihat trauma psikologis masa lalu yang membuat orang tersebut sangat gembira atau bahkan sebaliknya dalam kondisi yang sangat ekstrim maka hati-hati dengan organ ini.

Tulisan ini tidak untuk mencari pembenaran diri tapi mencoba mengkaji aplikasi dari kodifikasi suatu ilmu kedokteran kuno yang dikodifikasikan seorang kaisar Tiongkok kuno yang sangan terkenal itu, yaitu Yellow Emperror. Semoga artikel ini dapat menginspirasi siapa saja yang membacanya.

 

Advertisement

Online Chat

comes_onweb

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Your IP: 54.226.172.30

Contact

CORRESPONDENCE
Alamanda Tower lt 17 AB,
Thamrin Residences,
Jl. Thamrin Boulevard
Jakarta 10340

CALL :
TEL / FAX:  (021)7522698

CONTACT :
Email : ahoesodo@gmail.com
YM : ahoesodo@yahoo.com

Maaf, tidak melayani konsultasi hukum online