Waspadai Internet Addiction pada Anak-anak

Written by DR. Aji Hoesodo

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sangat cepat dan memberi peluang untuk mendapatkan akses informasi secara cepat, mudah dan terjangkau oleh siapapun. Di satu sisi bermanfaat bagi kemajuan dan meningkatkan ilmu pengetahuan dalam berbagai disiplin. Dipihak lain ketersediaan berbagaiinformasi termasuk pornografi, kekerasan dan permainan yang mengasyikkan, adiksi berinteraksi di internet dapat mempengaruhi perkembangan anak terutama dalam segimental. Sementara itu problematic kehidupan kota besar di Indonesia menuntut suami istri bekerja. Hal tersebut dapat mempengaruhi pola asuh keluarga yang kurang mendukung perkembangan anak.

Masalah penggunaan computer yang patologik atau terus menerus dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Akhir-akhir ini kecenderungan internet addiction meningkat pada anak-anak yang mempunyai problem emosional seperti depresi dan ansietas serta mempergunakan dunia fantasi dari internet untuk menghindari perasaan tidak senang atau situasi stressfull.

(American Medical Association merekomendasikan “ Internet ddiction Disorder “ kepada American Phychiatric Association sebagai formal diagnosis pada edisi DSM tahun 2012)

Tantangan yang dihadapi kedepan yaitu meningkatnya penggunaan internet secara terus menerus yang berdampak peningkatan kasus-kasus gangguan psikiatrik pada anak dapat menyebabkan :
•    Kebingungan antara dunia maya dan dunia nyata
•    Melarikan diri dari kenyataan
•    Rentan terhadap “obsecenity“ dan kekerasan
•    Meniru dan belajar tentang kekerasan an pembunuhan
•    Kegagalan akademik
•    Menolak sekolah
•    Adiksi dll

Proses penanganan untuk hal tersebut diatas dilakukan secara komprehensif dimana diperlukan suatu psiko terapi, cognitive bahaviour theraphy, pharmako-terapi terutama terhadap pasien yang mendapat komorbiditas gangguan psikiatrik seperti depresi, ADHD, agresif dan juga diperlukan pendidikan orang tua, konseling, teapi kelompok dan family terapi

Semoga tulisan ini menginspirasi kita untuk lebih dekat dengan buah hati kita yang nota bene adalah masa depan kita, yang mana kita sebagai orang tua menjadikan anak sebagai investasi utama kita.

 

Advertisement

Online Chat

comes_onweb

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Your IP: 54.196.74.153

Contact

CORRESPONDENCE
Alamanda Tower lt 17 AB,
Thamrin Residences,
Jl. Thamrin Boulevard
Jakarta 10340

CALL :
TEL / FAX:  (021)7522698

CONTACT :
Email : ahoesodo@gmail.com
YM : ahoesodo@yahoo.com

Maaf, tidak melayani konsultasi hukum online