Hadapi Hidup dengan Cinta

Written by Dr. Aji Hoesodo

Pagi itu, jam 5.30 hari sabtu seperti biasa Mas Yono, demikian orang kampung memanggilnya ....sedang asyik menaikkan sampah sambil sesekali membersihkan jalanan kampung yang dilaluinya jika kelihatan didepannya ada kotoran yang mengganggu perjalannya. Maklum dia adalah tukang sampah keliling yang dipekerjakan orang kompleks dimana kami tinggal, dibilangan Jakartas Selatan.

Jika kita liat sepintas ...tidak ada yang istimewa dengan Mas Yono ini. Perawakan yang kurus, baju kumal, sepatu boot yang pernah saya belikan dulu...selalu dipakainya setiap pagi, manakala dia sedang menjalankan tugasnya. Yaaa...itulah dia, sosok sederhana yang berprofesi terhormat walaupun banyak orang memandangnya sebagai profesi kelas bawah dan golongan masyarakat non bahkan jauh dari kata elite.

Berita naiknya harga BBM beberapa hari yang lalu serasa tidak berpengaruh terhadap kehidupan sehari-harinya. Pagi ini dia dengan memakai topi gunung yang merupakan khas penampilannya dan selalu menemaninya saat dia berpanas-panasan dengan teriknya matahari.

Kulihat dedikasinya, saya sangat apreciate terhadap mas Yono ini, sudah lama memang saya mengamati kehidupanya. Istrinya membantu mas Yono dengan berjualan sayuran kecil-kecilan didepan rumah yang sangat kecil itu untuk menyambung hidupnya.

Rumah yang sangat tidak layak itu berukuran 3 x 4 meter persegi, dimana tinggal mas Yono, istri dan 2 orang anaknya yang menginjak remaja. Napa ya, jaman makin maju,tapi kesejahteraan rakyat Indonesia masih banyak yang kehidupannya dibawah garis kemiskinan, seperti potret kehidupan yang sedang mas Yono  dan keluarganya jalani.

Ada yang menarik dan masih teringat ditelinga saya ketika beberapa bulan yang lalu saya menginterogasi mas Yono yang waktu itu saya hanya penasaran aja, kok mereka tetap hidup rukun walaupun mereka sangat kekurangan. Namun dugaan saya rupanya meleset, karena dugaan saya bahwa kehidupan dia itu adalah kehidupan penuh penderitaan adalah salah besar, kok begitu?

Dia rupanya menjalani semua itu berlandaskan cinta, jadi jika semua itu dikaitkan rasa cinta maka semua yang dihadapi itu akan terasa indah dan berkesan. Ya, dengan cinta kepada Tuhan pencipta Alam, cinta kepada keluarga, cinta kepada sesama, cinta kepada pekerjaan, bahkan cinta kepada diri sendiri, akan menghasilkan suatu tingkat kepasrahan spiritual yang tertinggi dalam kehidupan seseorang.

Sebagai contoh, jika kita memang benar-benar cinta sama Tuhan, maka apapun takdir yang dijalani didunia merupakan jalan yang terbaik yang diberikan Tuhan untuk bekal di akherat nanti. Konon penderitaan kita didunia merupakan imbal balik di akherat nanti, dengan  catatan kalau kita ikhlas menerimanya. Alhasil dari cinta dengan genre ini, penyerahan dan totalitas kita sebagai manusia hasil ciptaanNYA akan menghasilkan cara hidup yang paling bahagia bagi penganut faham cinta ini, apapun bentuk kehidupan yang dilakoninya.

Begitupula dengan cinta keluarga, cinta dengan jenis seperti ini akan menghasilkan etos kerja yang sangat luar biasa dan dasyat. Lihat saja etos kerja yang ditunjukkan mas Yono ku itu. Tiap hari kerja banting tulang dengan hasil pas-pasan tetap dilakoninya dengan sabar dan bahagia, napa??? Ya karena dia hadapi dengan cinta yang tulus kepada keluarga, dengan tujuan yang sangat mulia untuk menhidupi keluarganya, walaupun semuanya masih belum dapat dikatakan memuaskan untuk disebut hidup layak.
Sambil terus mengamati mas yono yang sudah hampir selesai menaikkan sampah didepan rumahku, dalam hati aku bersyukur punya kehidupan yang jauh lebih baik dari mas Yono. Tapi apakah iya kalau saya lebih bahagia dari mas Yono? Itulah yang sekarang menjadi pe er ku yang belum terjawab sampai sekarang.

 

Advertisement

Online Chat

comes_onweb

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Your IP: 54.226.172.30

Contact

CORRESPONDENCE
Alamanda Tower lt 17 AB,
Thamrin Residences,
Jl. Thamrin Boulevard
Jakarta 10340

CALL :
TEL / FAX:  (021)7522698

CONTACT :
Email : ahoesodo@gmail.com
YM : ahoesodo@yahoo.com

Maaf, tidak melayani konsultasi hukum online