Pengrusakan barang oleh orang lain

Saya punya pengalaman yang buruk tentang hal ini, berikut ceritanya. Suatu hari saya kedatangan seorang teman yang bermaksud meminjam mobil saya karena waktu itu hujan dan mereka mau kondangan ditempat kerabat mereka. Dengan ikhlas akhirnya saya pinjamkan mobil saya ke rekan saya tadi. Sekitar habis maghrib rekan saya mengembalikan mobil saya. Tapi saya sangat kaget bahwa kondisi mobil saya penyok di bunper depannya dan spion kanan patah . Rekan saya meminta maaf atas kejadian ini dan akan ganti kerugian atas kejadian ini. Untungnya mobil saya asuransikan jadi tenanglah saya. Nah andaikata anda mengalaami hal yang serupa dengan yang saya alami maka analisa hukumnya sebagai berikut.

Laporkan ke polisi jika upaya terakhir  untuk meminta pertanggung jawaban secara baik-baik tidak bisa. Dasar hukum pelaporan ini  adalah pasal 406 KUHP ayat satu (1)
“ Barang siapa dengan sengaja dan secara melawan hukum menghancurkan, merusak, membuat tidak dapat dipakai atau menghilangkan barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain, diancam pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan.”

 

Advertisement

Online Chat

comes_onweb

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Your IP: 54.196.74.153

Contact

CORRESPONDENCE
Alamanda Tower lt 17 AB,
Thamrin Residences,
Jl. Thamrin Boulevard
Jakarta 10340

CALL :
TEL / FAX:  (021)7522698

CONTACT :
Email : ahoesodo@gmail.com
YM : ahoesodo@yahoo.com

Maaf, tidak melayani konsultasi hukum online