What is The Entrepreneurial Leadership ?

What is The  Entrepreneurial Leadership ?

By DR. A.R. ADJI HOESODO & dr. GEORGINA MIEKE JUWONO,MM

 

APA YANG DIMAKSUD DENGAN ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP ?

Setiap individu adalah unik.  Setiap pemimpin adalah unik.  Dan seringkali keunikan individu tsb dalam memimpin justru terkubur dalam – dalam karena sistematika birokrasi yang sehari – hari dihadapinya. Untuk itu, perlu ‘mata ketiga’ yang bisa melihat dan bring the best in you dari setiap leader di perusahaan ini, untuk mengemban mandatnya memimpin perusahaan dengan kepemimpinan entrepreneurial leadership, sehingga siap menghadapi kompetisi bisnis di abad 21 yang serba cepat.

Apa yang dimaksudkan dengan Entrepreneurial Leadership atau Kepemimpinan Kewirausahaan ?

Entrepreneurial Leadership adalah kemampuan  mengorganisir sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama menggunakan perilaku proaktif kewirausahaan dengan mengoptimalkan risiko, berinovasi untuk memanfaatkan peluang, mengambil tanggung jawab pribadi dan mengelola perubahan dalam lingkungan yang dinamis untuk kepentingan organisasi.  Ini terutama harus menjadi perhatian para leader yang  dalam suatu organisasi yang sudah established di mana keterampilan tersebut telah hilang dan diganti dengan corporate thinking yang berfokus pada proses, sistem dan meminimalkan risiko.

Untuk itu perlu dicermati 5 ( lima ) kualitas penting bagi para entrepreneurial leaders :

1. Visi dan ketidakpuasan terhadap kondisi sekarang.

Memimpin perubahan tergantung pada ketidakpuasan yang anda definisikan pada saat ini, visi mengenai bagaimana hal-hal seharusnya dilakukan , serta gagasan yang jelas tentang langkah-langkah pertama yang perlu diambil.

2. Mengetahui dan mengambil keuntungan dari kondisi unfair advantages.

Hal ini dapat dianalogikan dengan apakah anda memasak dari resep dengan membeli bahan-bahan dan membuat hidangan; ataukah  memasak dengan melihat apa yang anda miliki di lemari dan menentukan masakan apa yang dapat dibuat dengan bahan – bahan yang ada itu.

3. Kemampuan untuk  membawa orang bergabung ke dalam organisasinya dan orang tsb dapat memberikan nilai tambah bagi visi perusahaan.

Entrepreneurial leaders akan secara alami selalu merekrut orang – orang yang berbakat, advisor, investor serta klien.

4. Fleksibilitas untuk beradaptasi, keterbukaan terhadap umpan balik, serta keinginan yang membara untuk terus belajar.

Leader harus cukup memiliki kerendahan hati dan fleksibilitas untuk mendengarkan umpan balik dari orang – orang yang dipimpinnya, karena tidak ada manusia yang sempurna yang tahu segalanya, dan justru karena dia berada di puncak, diperlukan perpanjangan orang lain untuk menjangkau ke bawah.

5. Kegigihan dan kemampuan mengambil tindakan yang tepat.

Leader memiliki visi jangka panjang, tetapi juga tanpa henti memfokuskan diri pada kegiatan yang membuat visi mereka terejawantahkan secara nyata sekarang.

PROGRAM YANG DITAWARKAN

A and Co tidak mengajarkan gaya kepemimpinan tunggal, melainkan awaken the giants within, membangunkan raksasa yang masih tidur dari para leader dengan berjalan bersama –sama dengan mereka untuk menemukan entrepreneurial leadership mereka yang unik dan efektif yang sesuai kepribadian mereka, dan menuangkannya ke dalam perusahaan dengan konsep TOTAL ENTREPRENEURIAL LEADER yaitu konsep TOTAL LEADER dengan memasukkan unsur Entrepreneurial Leadership ke dalamnya.

Bagi para Top Executive, harus mengikutsertakan para 2nd in command atau satu lini di bawahnya, untuk mendapatkan pemahaman yang sama mengenai kondisi perusahaan sekarang dan merumuskan bersama kemana perusahaan dibawa.

A and Co meyakini  satu hal prinsip, yaitu pada dasarnya manusia mempunyai ragam kebutuhan seperti tercermin pada enam aspek yang ada pada THE WHEEL OF LIFE atau Roda Kehidupan yang kami ambil dari Leadership Management International ( LMI ) yang didirikan oleh Paul J Meyer. Jadi mengingat perusahaan dijalankan oleh manusia,   maka assessment dimulai dari manusianya dan bukan dari perusahaannya, dalam hal  : Family and home, financial and career, mental and educational, physical and health, social and cultural, spiritual and ethical.


Setelah itu baru dilakukan evaluasi dari kinerja perusahaan, dimana klien diminta untuk mengidentifikasi kondisi terakhir perusahaan terkait dengan growth, productivity, innovation dan reengineering yang pelaksanaannya dipandu dengan berbagai tools.

Baru kemudian dibuat suatu Win – Win Agreement mengenai goal yang akan dicapai yang disepakati bersama antara pihak klien dan pihak LMI. Win Win Agreement merupakan tonggak awal untuk dimulainya sesi coaching yang sesungguhnya. And Co memberikan MONEY BACK GUARANTEE bagi klien bilamana hasil yang dicapai tidak memberikan ROI ( Return on Investment ) terhadap biaya coaching yang sudah dikeluarkan.

Semua hal ini dilakukan dengan konsep TOTAL  ENTREPRENEURIAL LEADER, yang mengacu kepada empat bidang yang harus dikuasai oleh para Entrepreneurial Leaders :

1. Produktivitas: Kerja Smart

Seorang Total Entrepreneurial Leader harus mampu mengatur waktu dan prioritas mereka untuk memaksimalkan tingkat produktivitas.

2. Strategis: kemampuan mengubah haluan.

Seorang Total Entrepreneurial Leader harus mampu memimpin organisasinya secara strategis dengan mendefinisikan visi dan memberikan hasil, dengan mendasarinya dengan semangat dan attitude  kewirausahaan.

3. Personal: Hidup dengan Tujuan

Untuk berhasil dan memimpin sebuah organisasi, seseorang harus mampu memimpin dirinya sendiri di sepanjang jalan kehidupan

4. Motivasi: Menyelesaikan pekerjaan melalui tangan orang lain.

Pemimpin total memiliki kemampuan untuk menginspirasi produktivitas optimal dari orang-orang yang mendukung mereka. Ini membutuhkan intuisi yang sangat baik, komunikasi serta visi.

Khusus untuk lini di bawah para Top Manajemen, metoda coaching dilakukan dengan TRIANGLE COMMUNICATION, dimana kami memiliki feedback online system, dimana setiap peserta secara online akan dimonitor oleh atasan langsung / yang ditunjuk  dan juga atasan tsb dapat secara aktif memberikan masukan kepada peserta. Sehingga kemajuan peserta dapat dimonitor secara online oleh para atasannya.

Lama sesi coaching 6- 8 kali ( tergantung program yang diambil ), yang dilakukan seminggu sekali selama 3 jam, dan selanjutnya, 90 hari berikutnya, kami akan melakukan visit dan review dari hasil yang sudah dicapai, dengan mengacu kepada Win Win Agreement yang sudah dibuat di awal.

Jadi total keseluruhan program adalah sekitar 5 – 6 bulan.

 

Advertisement

Online Chat

comes_onweb

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Your IP: 54.167.242.107

Contact

CORRESPONDENCE
Alamanda Tower lt 17 AB,
Thamrin Residences,
Jl. Thamrin Boulevard
Jakarta 10340

CALL :
TEL / FAX:  (021)7522698

CONTACT :
Email : ahoesodo@gmail.com
YM : ahoesodo@yahoo.com

Maaf, tidak melayani konsultasi hukum online